iklan

Ara pencekik; Sang Pembunuh Inang

Ara pencekik; Sang Pembunuh Inang


 Ara pencekik, beringin pencekik, atau kiara koneng (Ficus annulata) menjadi unik karena tumbuhan yang semula empifit (menumpang) pada pohon lain ini, seiring pertumbuhannya, kemudian membunuh pohon yang ditumpanginya. Ara pencekik merupakan tumbuhan parasit, sejak tertempel di pohon lain ia akan menyerap nutrisi dari pohon inangnya.
Pohon yang tersebar di Indo China, Semenanjung Malaysia, SumateraJawaKalimantan danSulawesi ini menumbuhkan akar-akar sulurnya menjulur ke bawah, merambat, dan membelit tubuh pohon inangnya hingga mengalahkan pohon inang baik dalam menyerap makanan dari tanah maupun dalam merebut sinar matahari. Hingga secara perlahan pohon inang mati meninggalkan lobang besar nan eksotis dan unik di tengah-tengah sekumpulan akar sulur ara pencekik yang saling melilit.
Klasifikasi ilmiah: Kerajaan: Plantae; (unranked): Angiosperms; (unranked): Eudicots; (unranked): Rosids; Ordo: Rosales; Famili: Moraceae; Genus: Ficus; Spesies: Ficus annulata.
Beberapa tumbuhan lain pun mempunyai berbagi keunikan masing-masing. Namun sementara tujuh tumbuhan di atas layak disebut sebagai tanaman paling unik di Indonesia. Sobat mengenal tanaman unik lainnya?.
sumber : http://alamendah.wordpress.com/2012/04/11/tanaman-tumbuhan-paling-unik-di-indonesia/

0 komentar:

Posting Komentar